Learn Ibrani Language Statement I


Syalom                                         = Salam (damai)
Ma nis ma?                                   = Apa khabar?
Ata medaber Anglit?                     = Apakah anda berbicara bahasa Ingris? (kepada laki-laki)
At medaberet Anglit?                    = Apakah anda berbicara bahasa Ingris? (kepada perempuan)
Ani medaber rak ketzat Ivrit          = Saya bicara hanya sedikit bahasa Ibrani (untuk pembicara laki-laki)
Ani medaberet rak ketzat Ivrit       = Saya bicara hanya sedikit bahasa Ibrani (untuk pembicara perempuan)
Ma shemeha?                               = Apa namamu? (kepada laki-laki)
Ma shmerh ?                                   = Apa namamu? (kepada perempuan)
Sha me  (baca: shme)                    = Namasaya......                  
Ani be a se de                               = Saya baik-baik
Hakol tov                                      = Semua baik-baik
Na eim le ha kir                             = Senang bertemu dengan anda.

Ketika seorang bertanya kepada Erlina : Ma shmerh? jawabnya: Shme Erlina 

Keluarga

1. Ah ba = Bapak/ayah
2. E ma = Ibu
3. Orim = orang tua
4. Sa ba = kakek
5. Sav ta = nenek
6. Sa vim = kakek-nenek
7.A hk = saudara laki-laki
8. A hot = saudara perempuan
9. A him =  saudara-saudara laki-laki (lebih dari 1)
10. A ha yot = saudara-saudara perempuan (jamak)
11. Ne hed = cucu
12. Neh da = cucu perempuan
13. Ne ha dim = cucu=cucu
14. Dod = paman
15. Dota = bibi
16. Den dot = sepupu laki-laki
17. Ben do da = sepupu perempuan
18. Be nay do dim = sepupu-sepupu (jamak)
19.  Ah yam = keponakan laki-laki
20. Ah ya nit =  keponakan perempuan
21. Ah ba she lee (Avi) = bapakku/ayahku
22. E ma she lee (imi) = ibuku
23. A hk she lee = saudara laki-lakiku
24. A hot she lee = saudara perempuanku
25. Ma ko re a hk she lee = Apa kabar saudara laki-lakiku
26 Ma kore a hot she lee = Apa kabar saudara perempuanku. 

Pelajaran Bahasa Ibrani 4
1. Ken         = ya
2. Lo           = tidak
3. Yaa la      = ayo/ lakukanlah
4. Ehi fo?     = di mana?
5. Ha sha ru tim = toilet/kamar mandi
6. Ehi fo ha sha ru tim? = di mana toilet/kamar mandi?
7. Ha mis ada = restorant
8. Ehi fo ha mis ada? = di mana restorant?
9. Ta ha nat ha au to bus = stasiun/terminal bis
10. Ehi fo ta ha nat au to bus? = di manakah stasiun/terminal bis?
11. Ehi fo ata nim za? = di manakah engkau? (kepada laki-laki)
12. Ehi fo at nim zet? = di manakah engkau? (kepada wanita)
13. Le ann ah na he nu hol him? = kita akan pergi kemana?
14. Bru him ha ba him = selamat datang semuanya.
15. Baru ch ha ba = selamat datang (kepada laki-laki)
16. Be ru ha ha ba ha = selamat datang  (kepada wanita)
17. Haver = teman (kepada laki-laki)
18. Havera = teman (kepada wanita)
19. Haverim = teman-teman
20. Lishon = tidur
21. Ro tz eh = ingin  (untuk laki-laki)
22. Ro tz a = ingin  (untuk perempuan)
23. Ani ro tz eh liston = saya ingin tidur (untuk laki-laki)
24. Ani ro tz a liston =  saya ingin tidur (untuk perempuan)
25. Eh hol = makan
26. Ani ro tz eh eh hol = saya ingin makan(untuk laki-laki)
27.Ani ro tz a eh hol = saya ingin makan(untuk perempuan)
28. La ta yel = jalan/mengadakan perjalanan.
29. Ani ro tz eh la ta yel= saya ingin melakukan perjalanan (untuk laki-laki)
30. Ani ro tz a la ta yel = saya ingin melakukan perjalanan (untuk perempuan)
31. Ah yef = capek/lelah (untuk laki-laki), ah yefa =capek/lelah (untuk perempuan)
32 . Ra eve = lapar (untuk laki-laki), re e va= lapar (untuk perempuan)
33. Sa ve ha = kenyang (untuk laki-laki), se ve ha (untuk perempuan)

Pelajaran 3
1. Shana tova ve meatuka = Selamat tahun baru
-Shana       = tahun
-Tova         = baik/bagus
-Ve            = dan
-meatuka   =  manis
2. Hag samayah = Selamat berlibur
3. Toda = terima kasih
4. Bevakasha = sama-sama
5. Slierha = permisi
6. Labriout = selamat menikmati
7. Lirrkud = menari
8. Lashir = menyanyi
9. O have = suka (laki-laki)
10. O haveit = suka (perempuan)
11. Laruz = berlari
12. Ani o have lirrkud = saya suka menari (laki-laki)
13. Ani o haveit lirrkud = saya suka menari ( perempuan)
14. Ani o have lashir = saya suka menyanyi (pria)
15. Ani o haveit lashir = saya suka menyanyi (perempuan)
16. Ani o have laruz = saya suka berlari (pria)
17. Ani o haveit laruz = saya suka berlari (wanita)

Pelajaran 2
1. Efshar ledaber yoter leat =dapatkah anda berbicara lebih lambat?
-Efshar     = dapatkah?
-Ledaber  = berbicara
-Yoter       = lebih
-Leat         = lambat
2. Mi she ou po medaber Anglit? = Adakah disini yang berbicara bahasa Inggris?
-Misheou   = adakah orang
-po            = di sini
-Medaber  = berbicara
-Anglit       = bahasa Inggris
3.Perhatikan percakapan berikut ini:
Ori   :        Shalom        = Shalom
Julie :        Shalom         = Shalom
Ori   :        Ma smerh?   = Apa namamu/siapa namamu?
Julie  :        Julie, ma shemeha = Julie, apa namamu?
Ori   :         Ori, naeim lehakir =Ori, senang bertemu denganmu
Julie :         Naeim lehakir = senang bertemu denganmu
Ori  :          At medaberet Ivrit? = Apakah kamu berbicara bahasa Ibrani?
Julie :        Ani medaberet rak ketzsat Ivrit = saya hanya berbicara sedikit bahasa Ibrani (bisa sedikit)
                 Ata medaber Anglit? = Kamu berbicara bahasa Inggris?
Ori  :          Ken, Ani medaber Anglit = ya, saya berbicara bahasa Inggris
Julie  :         Toohal laazor lee leelmod Ivrit? = dapatkah kamu membantu saya belajar bahasa Ibrani?
Ori    :         Eain beaya =tidak masalah

4. Perhatikan dan hafalkan angka 1-10 berikut ini!
-1=eh-had
-2=she ta eim
-3=sha lo sh
-4=ar ba
-5=hamesh
-6=shesh
-7=she va
-8= she mone
-9=tea sha
-10= ea ser

0 Response to "Learn Ibrani Language Statement I"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel